Toko Buku Lawas


Setiap perjalanan yg saya singgahi selalu mencari toko buku, bukan toko buku baru, tetapi buku2 lama. Kota/kabupaten yg banyak toko buku lamanya pasti kota yg maju pendidikannya. Buku dan pendidikan adalah saudara kembar yg rukun.

Beberapa kota yg toko/lapak buku lawasnya banyak adalah jakarta, bandung, surabaya, malang, solo dan jogja. Beberapa kabupaten di jawa dan luar jawa juga ada, tapi tidak sebanyak kota yg saya sebutkan diatas. Medan dan Padang mungkin juga ada.

Dari toko buku lawas ini terbentuk jaringan pedagang dan pembeli yg saling kenal. Antar pedagang pun saling kenal satu sama lain. Antar pembeli pun dipertemukan di komunitas ini. Pertemuan antar pedagang dan antar pembeli bisa lewat pameran buku ataupun mengunjungi toko bukunya.

Dari buku lawas ini sering saat berkunjung ke beberapa kota, kontak dg kawan buku lawas. Di Malang saya mengunjungi Kompleks Toko Buku Velodrom dan bertemu dg kawan2 buku lawas.

Sudah 8 tahun saya menjalin perkawanan dg beberapa kawan buku lawas di Velodrom lewat fb, baru hari ini bersua dan main ke Velodrom. Habis dari Velodrom mampir ke kawan buku lawas yg rumahnya dekat stasiun kota malang.

Dari buku lawas banyak kawan yg ingin saya kunjungi, tentu di lain waktu.

Penulis: Iwan Setiawan