Tegal Mengawal Madrasah Jurnalistik


Tegal, Pustakamu.id-Jurnalistik menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan dakwah organisasi Muhammadiyah. Apalagi, organisasi yang berdiri pada 1912 tersebut mempunyai amal usaha yang merambah ke berbagai penjuru Nusantara. Melalui berbagai media informasi, dakwah-dakwah atau kabar-kabar yang mencerahkan Muhammadiyah di berbagai penjuru tanah air bisa disebarluaskan kepada khalayak.

Selain kabar-kabar terkini, penggalian pemikiran dan perjuangan para tokoh/sesepuh, termasuk menelusuri rekam jejak/sejarah berdirinya amal usaha atau organisasi, juga merupakan upaya untuk menyebarluaskan berita-berita yang bersifat reflektif. Sebab pada dasarnya, nilai-nilai dalam sejarah tak pernah lekang oleh waktu. Semangat, kegigihan, keistikamahan, dan keikhlasan para tokoh/sesepuh dalam berjuang menggerakkan Muhamadiyah pada masa lalu bisa menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya.

Di sisi lain, kabar-kabar tak mencerahkan seperti fitnah, berita palsu (hoax), atau pun ujaran kebencian dengan mudah menyebar. Cara ampuh untuk menangkal kabar-kabar semacam itu yakni dengan berpikir kritis dan terus memperbanyak berita-berita yang mencerahkan