Sejarah Awal Muhammadiyah di Pasangkayu


Oleh : Agung Hidayat
(Sekretaris MPI PWM Sulawesi Barat)

Pasangkayu merupakan salah satu kabupaten di provinsi sulawesi barat yang dulunya merupakan kabupaten yang bernama mamuju utara, kabupaten ini baru saja melakukan perubahan nama di awal tahun 2018 setelah sebelumnya menggunakan nama mamuju utara sebagai nama kabupatennya.

Pada tahu 1996 merupakan awal dari lahirnya muhammadiyah di pasangkayu tepatnya di kecamatan sarudu, adaya muhamadiyah di pasangkayu dipeloporo oleh beberapa orang yang tinggal di sarudu yang bermula mereka adalah para perantau dari tanah jawa yang bertransmigrasi ke sulawesi.

Karena adaya beberapa orang yang ada di sarudu sering melakukan pertemuan di salah satu masjid untuk melaksaksanaka ibadah namun berjalannya waktu para jamaah saling berkenalan dan masing – masing jamaah memiliki latar belakang muhammadiyah baik itu dari keluarga ataupun lulusan dari sekolah muhamadiyah atau dulunya pernah menjabat sebagai pimpinan muhammadiyah dipulau jawa.

Pada tahun 1993 sebelum memasuki bulan puasa dilakukan rapat di rumah Burhan yang dihadiri sekitar 4 orang di antaranya Darudi, Muhyar, Turhanidijaya dan suyono untuk dilaksanakannya pengajian setiap malam jum’at setelah sholat Magrib dan dipanlanjutkan setelah sholat Isya.

Pengajian yang rutin tersebut dilaksanakan dirumah Irsadi dengan mendatangkan pemateri dari sekitaran Matra hingga dari Kabupaten Mamuju, namun pengajian tersebut harus vakum beberapa bulan yang di mulai sejak Agustus 1995 hingga tahun 1996.

Pada tahun 1996 para jamaah ingin mengaktifkan kembali pengajiannya lalu Turhanidijaya bertemu dengan Saifuddin yang merupakan pemgurus muhammadiyah di Mamuju dalam perkembanganya terjalin komunikasi antara Turhanidijaya dengan pengurus Muhammadiyah di Mamuju dan   pada tanggal 6 Desember tahun 1996 Turhanidijaya menyurat ke Pimpinan Daerah Muhamamdiyah Mamuju untuk menjadi pemateri pada pengajian yang ada di Kecamatan sarudu dan mendirikan Pimpinan Ranting Muhammadiyah di Sarudu.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Mamuju dengan senang hari menerima pengusulan pendirian Ranting Muhamamdiyah tersebut maka pada tanggal 16 Desember 1996 dilaksanakannya pengajian yang dihadiri oleh Pimpianan Daerah Muhmmadiyah Mamuju di salah satu Masjid di sarudu sekaligus pendirian Ranting Muhammadiyah dengan di ketuai oleh Turhanidiyaja.

Kini Muhammadiyah di Mamuju Utara atau  Pasangkayu telah mengalami perkembangan dengan adanya amal usaha berupa Sekolah Dasar Muhamadiyah, SMA Muhammadiyah dan telah terbentuknya Pimpinan Muhamadiyah Mamuju Utara dan Ranting Sarudu kini telah menjadi Pimpinan Cabang serta Aktifnya Organisasi Otonom di Wilayah tersebut.