Pencerahan atas Cahaya


Pengantar redaksi: saya kira kekuatan tulisan ini sangat jelas. Tulisan ini mengarah pada kemampuan menulis esai yang hebat dari alur yang disajikan secara apik dan runtut. Kemampuan melibatkan diri, emosi, dalam tulisan pendek serta memperlihatkan proses pembelajar yang sepenuhnya disadari oleh penulis yunior ini. Diusia yang sangat belia, masih duduk di SMP dan terlibat dalam proses penggerakan buku dan pengetahuan di Pantura. Tulisan yang sangat bermakna dari keaslian seorang pembelajar. Tulisan ini sudah sangat layak disebut esai. Selamat terus mencoba dan jangan kenal lelah. Kebaranian menulis adalah 2/3 dari keberanian hidup yang perlu diperjuangkan. Tulisan ini diberikan judul sangat unik pencerahan atas cahaya.

Oleh: Feri AS, seorang pegiat belia di Rumah Baca Cahaya dan Gerakan Pantura Membaca

Menulis adalah hal ter-sulit bagiku, entah bagaimana cara ku berfikir tentang menulis selalu menemukan jalan buntu di tengah perjalanan. Bingung, bimbang entah apa saja selalu keluar dalam pikiran. Perasaan – perasaan aneh selalu muncul dari pikiran merasa jelek ,hingga merasa bahwa tulisan ini sangat memalukan untuk dilihat orang. Tulisan yang saya buat itu lenyap begitu saja karena hal tersebut.

Entah berapa lama aku mengasah otak ku, entah seberapa besar kepercayaan diriku selalu saja muncul jalan buntu yang membuat ku berhenti menulis. Segala seminar, workshop tentang ke-penulisan telah aku ikuti, tapi apa daya itu semua tidak merubah apapun. Sering kali aku berfikir mungkin aku tidak layak untuk menjadi penulis, sekeras apapun aku berusaha itu semua mustahil aku lampaui.

Perjalanan waktu terus berlalu hingga ku temui sebuah pencerahan sebuah komunitas literasi “Rumah Baca Cahaya”, sebuah komunitas yang mengajak para penduduk Blimbing – Brondong untuk membaca. Di sinilah rasa semangat menulis ku tumbuh kembali. Aku sadar bahwa untuk bisa membuat tulisan yang baik itu butuh latihan dan kesabaran. Semakin sering kita menulis dan membaca maka tujuan kita semakin dekat untuk menjadi penulis yang baik. Tamat.