Pelajar Berbagi di SMP Muhammadiyah 1 Kokap Kulonprogo


 

Kulonprogo-Pustakamu.id-SMP Muhammadiyah 1 Kokap berdiri pada 1 Agustus 1964. Kini Sekolah Menengah Pertama ini sudah bersusia 53 tahun. Beralamat di Tejogan, Hargorejo, Kokap, Kulonprogo. Visi SMP Muhammadiyah 1 Kokap adalah Terwujudnya sekolah yang Bertaqwa, Berprestasi, dan Berkemajuan. Sebagai institusi pendidikan islam yang didirikan dibawah Persyarikatan Muhammadiyah, sekolah ini mulai mengembangkan program tahfidz dan pendidikan keterampilan. Dengan harapan, mampu mencetak lulusan yang berakhlakul karimah dan berbekal keterampilan yang unggul sesuai minat dan potensi siswa.

SMP Muhammadiyah 1 Kokap memiliki 12 guru dan 3 karyawan dengan gaji yang berkisar antara 30.000-50.000 per bulan. Sungguh sangat memprihatinkan. Disamping itu, murid di sekolah ini hanya berjumlah 4 siswa yang berasal dari kalangan yang tidak mampu dan anak yatim. Kondisi ini ternyata tidak menyurutkan semangat dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Anak adalah harapan di masa depan. Oleh karena itu, setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sedangkan sekolah ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang belum memadai. SMP Muhammadiyah 1 Kokap baru memiliki ruang kelas, ruang guru, lapangan dan tempat parkir sederhana. Sarana lain yang belum ada seperti laboratorium, perpustakaan, Ruang UKS, Kantin, Kamar Mandi, bahkan Mushola.

Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah ini, tidak serta merta mengurangi semangat dalam memperjuangkan pendidikan yang menanamkan nilai-nilai islam di daerah kokap. Melalui Program Pelajar Berbagi, kami ingin menyuarakan semangat yang tumbuh dari sekolah kecil ini. Dorongan dan semangat dari berbagai pihak, sangat diperlukan agar sekolah ini dapat tetap hidup. Keberadaan sekolah muhammadiyah merupakan tanggung jawab kita bersama. Sebab, keberadaanya merupakan salah satu wujud dakwah persyarikatan. Kami yakin, ketulusan akan menggerakkan kita untuk memperjuangakan keberadaan pendidikan Muhammadiyah di berbagai penjuru.

Link video dapat dilihat disini: https://youtu.be/8naAoqfRrjM


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *