Musywil IPM Sulbar, Gelar Seminar Pendidikan Nasional


Pustakamu.id(23/2)-Mandar. Bertemakan “penguatan budaya literasi, upaya meningkatkan kualitas pendidikan” menjadi tema pada kegiatan seminar pendidikan nasional yang dilaksanakan di Aula SMK Muhammadiyah Wonomulyo, Pada Sabtu 23 Maret 2019.

Seminar ini dilaksanakan pada Pukul 13.00 s.d 15.30 Wita. seuasai pembukaan Musyawarah Wilayah V Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sulawesi Barat pada tempat yang sama dengan Seminar tersebut.

Seminar Pendidikan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada tenaga pendidik juga siswa dan kader Ikatan Pelajar Muhammadiyah se Sulbar, tentang seperti apa gerakan literasi yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan, yang diterapkan di sekolah maupun di masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat. H. Arifuddin Toppo. M. Pd. memberikan gambaran kepada Peserta tentang kondisi pendidikan yang ada di Sulawesi Barat, beliau mengatakan bahwa “Tingkat Literasi Masyarakat di Sulbar sangat rendah di Indonesia, Sulbar menjadi urutan dibawah tentang indeks literasi masyarakat, sulbar juga tergolong kategori daerah 3T di Indonesia”.

Ia menambahkan “masih banyak sekolah di Sulbar ini belum memiliki Perpustakaan bagi para siswa dan siswi disekolah” kata beliau saat memberikan Apresiasi Pada pembukaan Musywil V IPM Sulbar.

Katua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah,  Hafizh Syafa’aturahman,  mengungkapkan Kondisi Pelajar di Indonesia selain tingginya jumlah prestasi para pelajar kita, namun pelajar kita belum begitu tinggi minat bacanya sehingga penting kader IPM melakukan Kampanye Aksi di Kalangan pelajar tentang pentingnya membaca bagi masyarakat.

Muhammad Zakir Akbar Salah satu narasumber Seminar Pendidikan Nasional mengatakan salah satu hal yang menjadikan masyarakat kita sejahtera adalah tingkat membacanya.

“kondisi perpustakaan kita disekolah kadang menjadi kurang menyenangkan disebabkan oleh koleksinya yang tidak menarik apalagi kalau penjaga perpusnya yang jarang tersenyum akan menambah malasnya kita untuk membaca”.

Ia juga mengatakan “membaca itu penting bagi masyarakat, sebab apa yang kita baca hari ini akan berguna dimasa depan” Kata M. Zakir Akbar.

Ketua Serikat Taman Pustaka Muhammadiyah David Efendi, yang juga narasumber pada Seminar Pendidikan Nasional tersebut, mengukapkan bahwa salah satu tempat yang baik untuk masyarakat khususnya pelajar adalah perpustakaan, perpustakaan selain sebagai tempat untuk mendapatkan informasi pengetahuan, perpustakaan juga menjadi tempat lahirnya ide, gagasan dan karya-karya.


Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan dengan koleksi bahan bacaan yang dapat memuaskan pembaca. (Agung HM)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *