Muhammadiyah Peduli Literasi Masyarakat Tegal

Tegal.Pustakamu.id-“ Jarene wong Slawi sing tas maca “ sampean mas bocah enom sing pantes ditiru, enyong salut karo gerombolane sampean umah maca srengenge Slawi Kab Tegal”
Ketika yang lain sibuk dengan aktifitas , berbagai macam aktifitas kami dari tim Relawan Rumah Baca Matahari Muhammadiyah Kabupaten Tegal. Berkumpul, berbagi dan bergerak peduli Literasi Masyarakat Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Siapa saja bisa menggerakan Literasi.
Literasi telah diterima secara luas lima tahun terakhir ini bukan sekadar urusan kemampuan membaca dan menulis saja. Tetapi literasi telah dipahamai sebagai segala urusan hidup manusia itu sendiri. Dengan demikian, kata literasi telah diperkuat, diperkaya, dan diberdayakan oleh bangsa ini sedemikian kuat dan intensifnya.

Setiap detik, setiap waktu kita lihat kabar pustaka di seluruh penjuruh Indonesia. Anak-anak muda, guru, peserta didik, sukarelawan, mereka merayakan pengetahuan ke jalanan, membuka ruang-ruang diskursus pengetahuan secara sangat inklusif. Ada ribuan yang terlibat menggerakkan buku-buku itu dari berbagai komunitas: pustaka bergerak, Forum Taman Baca, serikat taman pustaka, rumah baca, dan sebagaianya.
Ketika perpustakaan daerah atau milik pemerintah jam telah tutup, ada ribuan simpul dan rumpun pustaka dibuka secara mandiri. Tidak sedikit yang melayani setiap hari, tanpa libur, 24 jam sehari, dan itu semua menjadi kisah bahwa ‘semua orang dapat menjadi penggerak literasi, penghantar pengetahuan ( Dafid Efendi, Syarikat Taman Pustaka PP Muhammadiyah).

Rumah baca matahari Slawi Kab Tegal merupakan sebuah komunitas literasi yang di gerakan oleh Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Tegal . Buku-buku koleksi Rumah Baca Matahari berasal dari Sumbangan dari pewakap buku dari berbagai Pustaka Bergerak, seperti akhir tahun 2017 kami mendapatkan 250 Judul buku hibah dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kantor Jakarta, Serta Wakap buku dari MPI PP Muhammadiyah Kantor Yogyakarta. Serta buku-buku dari kawan kawan penggerak Literasi di Indonesia. Tim Relawan Literasi ini juga di gerakan oleh Sahabat Literasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kab Tegal dan Gerakan Literasi Sekolah SMK Famuba,

‘ Hari ini kami adakan Cornerliterasi di Alun-alun Hanggawana Slawi Kab Tegal Jateng. Kegiatan Literasi sangat di terima oleh Masyarakat Kab Tegal banyak sekali apresiasi yang diberikan wong Tegal,
“ Jarene wong Slawi sing tas maca “ sampean mas bocah enom sing pantes ditiru, enyong salut karo gerombolane sampean umah maca srengenge Slawi Kab Tegal Jateng.

[Catatan Ahad, 4 Maret 2018 oleh Hendra Apriyadi, Ketua Rumah Baca Matahari slawi Kab Tegal]
Alamat : Muhammadiyah Media Center Kab Tegal Jawa Tengah
Jalan A yani Km 2 Procot Telf/fax (0283) 491 962 Slawi Kab Tegal
0812 3839 6573