Menjaga Istiqomah setelah Ramadhan


Oleh Kamal Hayat s.kom i

Waktu begitu cepat tak terasa 1 bulan ramadhan telah bersama kita jalani bergembira. Banyak agenda yang dikerjakan pada bulan ramadhan sholat tarawih,tadarus, puasa, sahur dan amalan lainnya dengan mengikuti Al-Qur’an dan hadits.

Umat muslim berbondong-bondong menuju masjid untuk melakukan sholat tarawih berjamaah, setiap malam suara alunan ayat Alquran terdengar dari surau. Sepertiga malam lakukan sahur, itulah aktivitas bulan ramadhan.

Masyarakat menjadi lebih islami banyak acara televisi yang menayangkan acara keislamannya misalnya pengajian akbar,hafiz Qur’an,film islami dan masih banyak lagi acara ramadhan. Tentunya bulan ramadhan bisa dijadikan komoditi oleh kalangan umat islam.

Kini ramadhan sudah meninggalkan kita, tamu yang istimewa sudah pulang. Bagaimana kabarnya masjid kita, apakah ramai jama’ah nya seperti pada bulan ramadhan, bagaimana dengan tadarus ya, qiyamullail nya,bangun malamnya. Seharusnya apa yang sudah dikerjakan pada bulan ramadhan jangan berhenti begitu saja. Jalankan apa yang sudah di jalankan pada bulan ramadhan seperti sholat berjamaah, tadarus,bangun sepertiga malam sholat tahajjud. Yang paling penting adalah Istiqomah dalam menjalankan Ibadah kepadanya Allah itulah kemenangan sejati.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *