Mata Iqra PapuaTerima Wakaf Buku Dari Serikat Taman Pustaka


SERUI PAPUA, Suara Muhammadiyah- Taman Pustaka Mata Iqra SMP Muhamadiyah Serui Papua mendapatkan Waqaf buku untuk kegiatan literasi dari Serikat Taman Pustaka Majelis Pustaka dan Infomasi (MPI) PP Muhammadiyah, Selasa (20/2). Bantuan tersebut diterima melalui pengiriman Pos dalam program Pustaka Bergerak.

Bantuan buku dari MPI PP Muhammadiyah ke Taman Pustaka Mata Iqra SMP Muhamadiyah Serui Papua lewat pos merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya kiriman bantuan buku dari Perpusnas melalui MPI PP Muhammadiyah kantor Yogyakarta diterima sebanyak 250 judul buku.

Kepala SMP Muhammadiyah Serui Papua Herianto mengungkapkan kehadiran buku-buku bantuan ini tentu sangat membantu dan memacu semangat menghidupkan budaya literasi yang memang tengah digalakkan di SMP Muhammadiyah Serui yang menjadi basis komunitas literasi pustaka Mata lqra. “Sejak lama SMP Muhammadiyah Serui tidak memiliki koleksi buku yang memadai untuk mendukung gerakan literasi di sekolah” tandas Herianto.

Herianto melanjutkan, dengan hadirnya bantuan buku tersebut benar-benar telah menjawab kerinduan sekaligus menjadi tantangan untuk benar-benar mengupayakan tumbuhnya iklim literasi di SMP Muhammadiyah Serui. “Tentunya kami berharap dapat memberi dampak sekaligus terhadap lingkungannya, semangat menghidupkan literasi ini mendapat respon yang sangat positif dan luas. Bantuan buku pun berdatangan dari berbagai penjuru. Ada yang datang dari individu-individu maupun dari komunitas literasi” tambah Herianto.

Program gerakan literasi SMP Muhammadiyah Serui Papua diantaranya 10 menit membaca sebelum belajar, sejam membaca tiap sabtu, dan program wajib baca tuntas 1 buku tiap bulan, serta penyediaan sudut baca di sekolah. “Semoga SMP Muhammadiyah Serui menjadi salah satu pelopor tumbuhnya gerakan literasi di Serui” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Serikat Taman Pustaka MPI PP Muhammadiyah David Efendi, MA menerangkan program Pustaka Bergerak kerjasama dengan PT POS Indonesia setiap tanggal 17 Gratis mengirimakan buku ke berbagai komunitas literasi. “Serikat Taman Pustaka MPI PP Muhammadiyah mengadakan prograf waqaf buku dan buku-buku tersebut dikumpulkan dan dibagi untuk para penggerak Taman Pustaka Muhammadiyah di berbagai wilayah” jelasnya. (hap/qq)

Sumber: Judul diedit dari http://www.suaramuhammadiyah.id/2018/02/23/taman-pustaka-mata-iqra-smp-muhamadiyah-serui-papua-terima-wakaf-buku/