Manfaatkan Akhir Ramadhan Dengan Iktikaf


Oleh :Kamal Hayat*

Ramadhan tinggal menghitung hari dan akan meninggalkan kita, saat ini sudah memasuki 10 hari terakhir ramadhan. Sudah kah kita menyambut ramadhan dengan baik? Bagaimana dengan sholat wajib, taraweh, puasa, tadarus al-quran dan ibadah sunah lainnya. Apakah kita mengabaikan semua aktivitas untuk meraih pahala dibulan ramadhan. Sibukkah kita dengan dunia yang semu ini. Apakah sudah yakin ramadhan tahun depan bisa berjumpa?

Ramadhan begitu cepat datang nya dan begitu cepat pula meninggalkan kita. Oleh karena itu di sisa akhir ramadhan ini mari kita isi dengan kegiatan Iktikaf berdiam diri di masjid bertafakur pada Allah SWT untuk memohon petunjuk nya dan muhasabah. Majelis Tarjih dan Tajdid dalam buku Tuntunan Ramadhan menjelaskan I’tikaf adalah aktifitas berdiam diri di masjid dalam satu tempo tertentu dengan melakukan amalan-amalan (ibadah-ibadah) tertentu untuk mengharapkan ridha Allah.

Adapun kegiatan i’tikaf antara lain melakukan sholat qiyamul lail, berdikir, membaca dan memahami alquran dan berdoa. Manfaatkan sisa ramadhan ini jauh lebih baik ada peningkatan ibadah dari pada sebelumnya, jangan kita termasuk orang yang rugi, misalnya diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah tetapi tidak dilaksanakan.

Semoga kita termasuk yang selalu istiqomah menjalankan perintah Allah SWT.

*Warga Pegiat Serikat Taman Pustaka


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *