Literasi itu Berbagi


Oleh : Agung Hidayat, Pegiat literasi di Rumah Baca Mentari,  Sulbar

Gerakan literasi merupakan upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan minat baca pada masyarakat khususnya untuk generasi muda. Pada umumnya gerakan literasi yang dilakukan oleh komunitas hanya sebatas menyediakan bahan bacaan kepada masyarakat yang mudah diakses dan tidak mengikat waktu.

Contohnya, komunitas yang menyediakan bahan bacaan kepada masyarakat sekaligus kepada komunitas literasi lainya dengan cara memberikan fasilitas buku untuk di jadikan sebagai bahan bacaan atau bahan literasi lainnya pada komunitas literasi sejenis.

Ini menunjukan bahwa komunitas literasi di Indonesia telah menjadi komunitas yang menurut saya sebagai gerakan komunitas literasi Paripurna, dengan alasan komunitas literasi tidak lagi menjadi komunitas memikirkan dirinya sendiri namun konsep berbagi telah menjadi gaya hidup para komunitas. Jelas sekali, bahwa literasi itu adalah berbagi.

Gerakan literasi kini sudah memiliki tempat yang menurut saya istimewa dikalangan pegiat literasi, karena literasi tidak hanya berbicara tentang buku atau gelar buku,namun telah menjadi gaya hidup yang menjadikan kehidupan kita menjadi lebih bermakna.

Seperti yang saya sebut tadi diawal bahwa literasi merupakan sharing atau berbagi namun era berbagi yang digerakkan oleh komunitas literasi bukan hanya terletak pada buku saja, namun berbagi ilmu, pengalaman hidup dalam merawat komunitas literasi agar tetap hidup,

Bebagi pengalam dalam mengelolah komunitas tentunya akan menambah pengetahuan untul relawan yang baru ingin memulai gerakan literasi, tentunya gerakan literasi sangat mudah ditiru oleh kumunitas lainya, tinggal menambahkan atau mengolah komunitas literasi agar lebih menarik lagi untuk menarik minat baca masyarakat.

Konsep Kolaborasi

Kolaborasi, artinya bekerja sama antara satu dengan yang lain, komunitas literasi yang ingin berkembang dan memiliki jaringan yang kuat tentunya harus berani untuk berkolaborasi dengan berbagai lembaga baik semasa komunitas literasi atau yang lainnya, untuk membumikan gerakan literasi di masyarakat.

Kolaborasi pada komunitas literasi tidak hanya berada pada buku saja, namun berbagi juga dengan hal cerita atau pengalaman, dalam bertahan hidup dan terus eksis pada gerakan ini.

Gerakan literasi ala komuntas ini seperti sebuah anugrah dari tuhan yang dikirim lewat rewalan atau apapun namanya, yang seolah turunnya seperti gerimis yang datang secara bersamaan dari langit namun tidak merusak alam, yang akan memecahkan kebodohan dengan ombak pengetahuan.