Literasi Al-Qur’an Untuk Siswa SMK FAMUBA


Lebaksiu – Kab Tegal-Pustakamu.id, Ketika anak atau pembelajar membaca kata-kata yang ada dalam buku itu maka mereka akan mengeja nama-nama setiap huruf beserta nama harakatnya.Baru kemudian dipelajari bagaimana hasil bacaannya. Sekali lagi, ciri paling khas dari metode ini adalah pendekatan yang kuat terhadap obyek sebagai pengetahuan, bukan sebagai kemampuan.

Saat di wawancarai redaksi pada 22/1/2019 . bersama Andi Riwandi , SMK Muhammadiyah Lebaksiu KAbupaten Tegal atau di kenal dengan sebutan SMK Famuba memiliki program dengan nama Melek Baca Al quran di pagi hari sebelum pelajaran di mulai guru Sebagai Metoring untuk menyimak bacaan peserta didik dalam melafalkan atau membaca Al Quran.

Pentingnya kesadaran membaca Kepala Sekolah menegaskan kepada para guru untuk menjadi mentoring dan inkut menyimak peserta didik membaca Al Quran . Kegiatan itu serentak dari kelas X s.d kelas XII Prodi Farmasi, Analis Kesehatan, Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. Andi Riswandi, M.Pd juga menambahkan begitu pentingnya membaca Al Quran apalagi jika kita bisa mengamalkan dan memahami isi kandungan Al quran..
Di Sisilain program ini bagian dari pengembangan Pendikan Karakter melalui literasi Al Quran. Andi Mengajak kepada para guru agar setiap kali dalam kegiatan luangkan waktu untuk membaca Al Quran . Al-Qur’an adalah ilmu yang paling mulia , karena itulah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya bagi orang lain, mendapatkan kemuliaan dan kebaikan dari pada belajar ilmu yang lainya.

Sebagaimana di jelaskan pada (QS Fathir; 29-30) Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30). Ungkap Andi Riswandi Selaku Kepala SMK Muhammadiyah Lebaksiu Kab Tegal ( Hendra Apriyadi)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *