Keluarga Sakinah, Keluarga Penyelamat Lingkungan


David Efendi)*

Bersyukur dan gembira, pada pengajian ramadan 1440 di UMY yang dihadiri semua karyawan dan pimpinan peserta mendapatkan buku tuntunan menuju keluarga sakinah yang diterbitkan Suara Muhammadiyah. Buku ini diterbitkan atas kerja sama PP Aisyiyah dan MajelisbTarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Catatan saya fokus pada hal.149-176 yaitu bab kesehatan dan lingkungan hidup. Dua aspek ini ternyata dianggap sangat vital dalam perjuangan menegakkan keluarga yang maju dan bermartabat atau sakinah.

Dimulai dari pembahasan surat al Qosas (28) ayat 77 agar manusia tidak berbuat dzalim di muka bumi, atau munkar kepada alam dilanjut an Nahl ayat 10-11agar manusia memberdayakan alam, anugerah ilahi, secara bijak dan bajik. Kebijakan itu sangatlah mulia hingga Nabi Muhammad menyatakan: ” tak ada seorang muslim yang menanam tanaman…kemudian ada burung atau manusia atau binatang memakannya, kecuali baginya itu sedekah” (H.R al. Buchari).

Dahsyat bukan?! Manusia dan alam adalah manunggul dan manusia punya tanggungjawab besar untuk memuliakannya.

Adapun dalam buku ini ada gerakan lingkungan yang diamanahkan di dalam membentuk keluarga tangguh yaitu antara lain: gerakan penghijauan, akses air bersih, memberantas jentik nyamuk, mengembangkan obat organik, dan terakhir pengelolaan sampah berbasis keluarga.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *