2 menit waktu baca

Kabar Pustaka: Tanda-Tanda di Bumi: Islam, Modernitas, dan Perubahan Iklim

David Efendi)*

Buku keren yang ditulis oleh salah satu ahli lingkungan Muslim terkemuka dunia ini membahas hubungan antara modernitas dan Islam dalam konteks kepedulian lingkungan yang sekarang menarik perhatian kita. Ini melihat bagaimana modernitas telah memaksakan capnya tidak hanya di dunia Islam tetapi juga bagaimana ia telah mengacaukan perkembangan masyarakat dan tradisi dan cara hidup lain. Ini menyelidiki bagaimana gangguan ini berlangsung dan pada saat yang sama telah berhasil merusak sistem alam yang mendukung kehidupan, sambil memegang janji kemajuan menuju masa depan yang lebih baik. Ia berpendapat bahwa industrialisasi, desakan pertumbuhan ekonomi dan kecanduan konsumerisme perlu dipikirkan kembali, di samping seruan untuk menghubungkan kembali umat manusia dengan apa yang suci.Buku ini berpotensi mengubah sikap generasi mendatang menjadi lebih peduli pada alam.

Buku ini memberikan penekanan sangat kuat satu bab penuh tentang lingkungan hidup dan Islam dalam praktik dan teori serta mengeksplorasi bagaimana praktik Islam dapat berkontribusi pada tugas memulihkan alam ke keadaan keseimbangan. Ini termasuk pernyataan kembali tradisi hukum dalam Islam yang berhubungan dengan lingkungan dan memasukkan ini ke dalam tinjauan sejarah tentang penyebab yang menyebabkan keprihatinan saat ini atas perubahan iklim dan masalah lingkungan terkait. Muslim menghimbau untuk mengambil pendekatan serius terhadap tantangan ini dan menunjukkan dinamisme yang mampu mengatasi bahaya yang dihadapi planet ini.

Sebuah studi utama tentang lingkungan hidup dan Islam dalam praktek dan teori, dengan gambaran sejarah yang menetapkan tantangan masa depan, termasuk merumuskan kembali fiqh atau tradisi hukum Islam untuk mengambil dimensi ekologi secara serius.

Menyampaikan buku ini kepada satu miliar Muslim di dunia, buku ini berpotensi membangkitkan kembali keinginan untuk perubahan lingkungan dalam komunitas yang diabaikan pada bahaya planet. Dengan berargumen bahwa modernitas, konsumerisme, dan industrialisasi perlu dipikirkan kembali, di samping seruan untuk menghubungkan kembali pria dan wanita dengan ciptaan dalam tatanan ilahi, buku ini memiliki potensi untuk mentransformasi sebuah generasi yang nir-kesadaran ekologi tapi sangat peduli pada isu agama.

Baca juga:  Gelar Buku Tradisi Rumah Baca Mentari Untuk Bangun Budaya Literasi

Fazlun Khalid tidak hanya mengambil inspirasi dari keyakinan Islam tetapi dia juga menantang pola pikir saat ini dengan cara yang menegaskan analisis arus utama. Menyadari bahwa kepedulian lingkungan adalah tanggung jawab kolektif, buku ini mengajak orang-orang yang beragama dan tidak beriman untuk bekerja sama dalam masalah ini dalam upaya bersama untuk meninggalkan Bumi di mana generasi mendatang tidak hanya akan bertahan tetapi juga berkembang sebagaimana harapan generasi hari ini. Buku ini akan mendorong kita semua menyiapkan bumi untuk generasi yang lebih baik sehingga pemeluk Islam harus serius memberikan kontribusinya.

Judul buku: Signs on the Earth: Islam, Modernity and the Climate Crisis
Penulis : Fazlun Khalid

Publisher: Kube Publishing Ltd
ISBN: 9781847740755
Number of pages: 256
Dimensions: 196 x 127 mm

 

)*membaca dari beragam review buku.

Komentar Facebook Sobat Taman Pustaka
Kuy, berbagi...