Himpunan Komunitas Literasi di Ponorogo Gelar Sarasehan

Pustakamu.id- Kemajuan suatu negara secara langsung tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut. Oleh karena itulah, orang berpendidikan diharapkan untuk melakukan tugasnya dengan baik. Kegiatan ini berbentuk Sarasehan pertemuan antar komunitas literasi di Ponorogo, stakeholder, dan lembaga baik yang bernaung Pengurus Taman Pustaka, Komunitas Literasi, pegiat independent, yang berurusan dengan literasi di lingkungan Ponorogo.

Kegiatan sarasehan lintas komunitas ini menjadi penting dan mendesak dilakukan untuk mengimbangi beragam ekspansi media tidak bertanggungjawab yang menyesaki ruang virtual masyarakat.

Waktu Pelaksanaan Kegiatan ini akan diadakan pada hari Sabtu, 03 Maret 2018 bertempat di Ruang Seminar Lt. 4 Universitas Muhammadiyah Ponorogo Kampus Universitas Muhammadiyah Ponorogo Jl. Budi Utomo No. 10 Ponorogo, Jawa Timur Nama Kegiatan Sarasehan Komunitas Literasi Ponorogo Tema Kegiatan “Gerakan Literasi untuk Mencerdasan Anak Bangsa”Peserta kegiatan ini berjumlah 200 peserta terdiri dari beberapa unsur: 1. Pengurus Taman Pustaka 2. Penerbit Buku di Ponorogo 3. Individu yang Bergerak di Bidang Literasi 4. Pengelola Perpustakaan di Lingkungan Ponorogo 5. Komunitas Literasi di Ponorogo.

Sarasehan Komunitas Literasi Ponorogo ini memili rangkaian kegiatan cukup asik. Dimulai dari penayangan Profil Komunitas. Dilanjutkan sesi Sharing I “Gebyar Literasi di Bumi Reog” Kyenote Speech Bapak Drs. H. Ipong Muchlissoni (Bupati Kabupaten Ponorogo) kemudian dilanjutkan sharing dari narasumber antara lain Bapak Dr. Happy Susanto, M.A dan David Efendi, S.IP., MA (MPI PP Muhammadiyah) yang akan dipandu oleh moderator, Septian Adi Nugroho. Setelah Istorahat, Sholat, dan Makan kegiatan kemudian dilanjutkan untuk Sesi Sharing II “Gerakan Komunitas Literasi Ponorogo dimana ini menjadi ajang berembug banyak pihak pegiat literasi di Kota reog ini.

“Beberapa sesi berupa Sarasehan dan forum sharing dan mapping rencana kegiatan ke depan.” Ujar ketua Panitia kegiatan. Adapun Maksud dan Tujuan Kegiatan ini dimaksudkan antara lain: 1. Mencari format mengelola wahana literasi dan kampanye membaca di Ponorogo maupun umum 2. Mensinergikan beragam kekuatan media di Ponorogo dengan frame gerakan literasi 3. Mendorong beragam komunitas literasi yang ada di Ponorogo Adapun tujuannya adalah: 1. Mendorong gairah Membaca. 2. Penguatan tradisi literasi melalui beragam komunitas di daerah Ponorogo 3. Mendorong tumbuhnya gerakan literasi di daerah Ponorogo.

Bicara tentang literasi aktual juga semakin kompleks bila dikaitkan dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat. Miliaran informasi dari berbagai belahan dunia dapat mudah diakses setiap hari. Padahal tidak semua informasi itu bermanfaat, banyak di antaranya yang tidak konstruktif atau bahkan berbahaya bagi pembangunan keadaban. Dalam konteks itu perlu dikembangkan literasi digital yang mengedepankan keutamaankeutamaan hidup bersama. Hal ini mendesak semua orang untuk terlibat di dalam gerakan ini sehingga berbagai kreatifitas, taktik, gaya, model, pola di dalam mengembangkan aspek-aspek literasi dalam arti luas dapat bekerja lebih baik untuk mendorong kehidupan sosial yang lebih baik pula. Selamat bergerak menggembirakan takdir literasi bangsa.