Hariyanto, Sosok Penggerak Pengetahuan untuk Gizi Otak


Brigpol Hariyanto, begitu masyarakat kec. Way kenanga mengenalnya. Ia adalah salah satu anggota Polri yang berdinas di kesatuan Polda Lampung, polres tulang bawang.

 

Keseharian brigpol Harianto bertugas di polsek lambu kibang sebagai bhabinkamtipmas di Tiyuh Pagar Buana dan Balam Asri kec. Way kenanga. Pak Hari, Begitu sapaan akrabnya menjadi polisi sejak tahun 2002, sebelum berdinas di polres Tulang Bawang, Beliau berdinas di Polda Lampung. Hingga akhirnya menjadi anggota bhabinkamtipmas tahun 2007.

 

Beliau sudah mendapat 3 kali penghargaan dari Institusi tempat Ia Bertugas.   Di Tahun 2016 mendapatkan penghargaan menjadi anggota bhabinkamtipmas terbaik ke 3 se Polda  lampung, tahun 2017 mendapat penghargaan dari Kapolres Tulang Bawang atas dedikasinya perduli dengan anak yatim dan menjadi orang tua asuh dari anak tersebut.  Suami dari ulfiati ini menghibahkan sebuah gedung yang berukuran 4 x 5 m2 untuk perpustakaan di desanya. sehingga ditahun 2018 ayah 3 orang anak ini mendapat penghargaan kembali dari bapak Kapolda Lampung Atas keaktifannya dibidang pendidikan.

 

Menjadi Polisi yang peduli dengan literasi tidaklah mudah, bersyukur Brigpol Hariyanto memiliki istri yang juga seorang pendidik, sehingga Gedung yang dihibahkan bisa dimaksimalkan fungsinya bersama relawan-relawan literasi di Kec. Way Kenanga.

 

Perpustakaan tersebut di Isi buku-buku yang didapatkan dari jejaring Literasi dari Griya Baca Komunitas Way Kenanga. Walaupun dari buku-buku layak baca, namun antusiasme anak-anak dan masyarakat sekitar sudah mulai terlihat dalam mengunjungi griya baca yang didirikannya. Ia berharap anak-anak tak hanya aktif pada permainan di HP, internet dan juga hak-hal yang kurang positif. Sehingga generasi kedepan lebih berkwalitas karena banyak literatur yang dibaca.

 

Selain itu, Pak Hari dikenal sebagai pendiri Sekolah Sepak Bola INJ-FC, ini menjadi wadah bagi anak-anak yang menyukai dan ingin belajar sepak bola. Uniknya, disaat-saat melakukan istirahat latihan bola, anak-anak diarahkan untuk giat membaca di Griya Baca yang di dirikannya. Karena bagi dia, tidak ada gunanya jika badan sehat, namun otak kurang cermat. Dengan membaca anak-anak diharapkan juga bisa mencari informasi yang lebih Falid di Buku, karena di medsos menurut dia sangat banyak informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan alias Hoax. Ini sinergi dengan kampanye yang di lakukan oleh POLRI yaitu memerangi HOAX.

Nama              : Hariyanto

Ttl                    : Blora-Jawa Tengah, 10 Oktober 1981

Alamat             : Indraloka Jaya, Kec. Way Kenanga Kab. Tulang Bawang Barat

Istri                  : Ulfiati

Anak-Anak     :

  • Alfian Hidayat
  • Naved Akmal
  • Aqila Asni Tafana

Pendidikan      : SDN 1 Sukamenanti Bandar Lampung

                        : SMP Budi Mulya Bandar Lampung

                        : SMK 2 Mei Bandar Lampung

                        : Pendidikan Kepolisian Tahun 2002

                        : Tamtama Pusdik Brimob Watu Kosek

                        : Bintara Tahun 2006-2007 SPN Kemiling

Pangkat Terakhir : Brigpol

NRP                : 81100852

Kesatuan          : Polsek Lambu Kibang

Polres Tulang Bawang

Polda Lampung

Jabatan            : Bhabinkamtipmas


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *