Gelar Buku Tradisi Rumah Baca Mentari Untuk Bangun Budaya Literasi

Pada tanggal 18 Februari 2018 kembali buku-buku dibawa ke jalanan oleh pemuda-pemuda yang cukup militan. Gelar Buku Merupakan agenda rutin dari Rumah Baca mentari yang merupakan sebuah Komunitas Literasi di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Provensi Sulawesi Barat.

Gelar Buku atau biasa disebut perpustakan jalanan, rutin diadakan seriap hari sabtu sore mulai pada pukul 15:30 hingga pukul 17:30 wita. Gelar buku ini diadakan di Alun-Alun kecamatan Wonomulyo,Tempat ini. Dipilih karena berada dipusat dari kecamatan Wonomulyo yang juga merupak tempat berkumpul, bersantai dan juga berolahraga para masyarakat yang ada diwonomulyo dan sekitarnya.

Dengan membawa beberapa koleksi buku dari perpustakaan Rumah Baca Mentari yang terletak di Masjid Ta’mir Muhammadiyah Wonomulyo menuju ke Alun-Alun Wonomulyo, para pegiat Rumah Baca Mentari melakanakan aksinya dengan membonceng kardus yang berisi buku-buku ke tempat gelar buku.

Buku-buku yang ada di perpustakaan Rumah Baca Mentari merupakan hasil donasi yang dikumpulkan para pegiat dari para donatur yang ingin membantu program RB Mentari.

Sekitar 5 menit perjalan dari perpustakaan menuju ke lokasi gelar buku. Begitu para pegiat RB Mentari tiba di Alun- Alun Wonomulyo, buku-buku lansung di gelar agar para pengunjung dapat lebih mudah untuk melihat judul buku yang ingin dibaca.

Gelar buku ini dilaksanakan sebagai bentuk pendekatan akses bacaan kepada masyatakat dan juga untuk meningkatkan minat baca serta memlerkenalkan kepada masyarakat bahwa di wonomulyo ada perpustakaan umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menambah pengetahuan dan mencari inforasi yang dibutuhkan.

Selain Gelar Buku, Rumah Baca Mentari Juga menyediakan perpustakaan umum, diskusi, grub Ayo Menulis, serta donasi buku untuk komunitas yang sejalan dengan misi gerakan literasi RBM [Red-Agung Hidayat Mansur]