Dongkrak Minat Baca Nelayan, Rukun Nelayan Blimbing Launching Sanggar Baca


 

Kabar Blimbing, Lamongan (14 Juli 2018). Perkembangan tekhnologi Yang modern ini, bukan tidak mungkin membuat manusia menjadi selalu mencari sesuatu yang serba instan dan mudah. Apalagi ditunjang pula dengan kemudahan mengakses secara online, sangatlah membuat manusia menjadi malas bersusah-susah untuk membaca, terutama membaca buku, apalagi untuk bersusah payah untuk meluangkan waktu membaca buku. Padahal mengingat sebuah pepatah bahwa buku adalah jendela dunia, dengan membaca buku kita bisa lebih banyak tahu akan banyak hal secara utuh bukan sifatnya selintas saja, baik itu tentang budaya, sejarah, pengetahuan ketrampilan atau perkembangan peradaban.

Untuk itulah, melihat menurunnya antusias minat baca masyarakat, khususnya nelayan yang terus sibuk berkecimpung dengan aktifitas serta rutinitas kerja sehari-hari, sehingga waktu sangat jarang meluangkan waktunya untuk sesuatu yang berarti untuk menambah pengetahuan, serta tergugah agar nelayan yang selama ini masih dianggap kurang peka akan banyak hal pengetahuan, maka muncul ide menyediakan taman baca di aula rukun nelayan yang selama ini menjadi tempat berkumpul dan tempat melepas lelah nelayan disaat santai, biar saat santai mereka dapat menghasilkan sesuatu yang lebih berarti. “ Seringkali disaat sore hari, banyak saudara-saudara nelayan kita mengajak turut serta keluarganya, termasuk anak-anak mereka jalan santai dan istirahat disini biar tidak duduk cangkruk semata, kami mencoba menyediakan buku-buku bacaan, baik itu buku cerita anak-anak, buku keagamaaan islam, buku sejarah bahkan buku tentang memasak, siapa tau ini dapat berguna untuk menambah sedikit pengetahuan buat semua,” Tutur Nur Wakhid, Ketua Rukun Nelayan Kelurahan Blimbing.

Bertempat Di Aula Rukun Nelayan Blimbing, Sabtu, 14 Juli 2019, Acara yang difasilitasi oleh Pustaka bergerak Indonesia dan bekerja dengan dengan Rumah Baca Cahaya Pantura Lamongan ini, dihadiri oleh, Suahardi, SH mewakili KUD Minatani yang juga membawa beberapa sumbangan buku, Lurah Blimbing, Thoha Mansur, S.Pd, Harnoto dari syahbandar Brondong, Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Lamongan Hendro Setiabudi, Wariono Direktur Rumah Baca Cahaya, Agus Mulyono, Ketua Aliansi Nelayan Indonesia Lamongan, David Efendi Ketua serikat Taman Pustaka, Nirwan Ahmad Arzuka, Pendiri Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) serta para nelayan kelurahan Blim. Agus Mulyono, Ketua Aliansi Nelayan Indonesia Lamongan menyambut gembira gerakan ini, “ sudah saatnya nelayan menjadi nelayan yang pintar, ini juga bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa lewat membaca, nelayan bisa tahu akan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaannya, entah itu mengenai undang-undang pelayaran, zona tangkap dan bagaimana bias meningkatkan mutu dan hasil kerjanya, saya rasa ini adalah gebrakan yang bagus untuk dikemudian hari dan perlu didukung dengan serius agar lebih baik lagi,” Ungkap Pria yang bertubuh subur ini.

Dalam kesempatan ini. pendiri pustaka bergerak Indonesia Nirwan Ahmad Arzuka yang datang langsung dari Sulawesi Utara menyerahkan sebuah buku tebal 809 halaman yang berjudul “Semesta Manusia” kepada perwakilan Pengurus Rukun Nelayan Blimbing Lamongan yang diwakili Aris Anthoni, “ Semoga Sanggar Baca Nelayan ini adalah merupakan langkah maju untuk kehidupan nelayan, sehingga generasi kita dikemudian hari bias lebih terbuka wawasannya, kita tidak ingin anak-anak kita hanya lebih mengenal berapa skor pertandingan sepakbola suatu negara saja, tapi banyak lebih tahu mengenai suatu negaara itu, membaca bias menggugah masyarakat untuk menulis, kita menunggu disini paling tidak masyarakat Blimbing bisa menulis mengenai kultur ataupun sejarah wilayahnya dan dapat dibukukan, tentunya ini dapat menambah kekayaan bangsa ini besar ini, “. Tidak ketinggalan, Agus Mulyono Ketua ANNI Lamongan juga andil menyerahkan sebuah buku yang berjudul “ IJON – IJON “ sebuah perahu khas pantura lamongan.

Secara resmi, Sanggar Baca Nelayan Ini di buka atau di launching oleh Hendro Setiabudi Kepala Bidang Tangkap Dinas Perikanan Lamongan dengan dibukanya tirai di rak buka yang disambut tepuk tangan bersama hadirin yang datang. Selanjutnya Sanggar Baca Ini bias dimanfaatkan guna masyarakat umum setiap harinya. “ Masyarakat Nelayan dan siapapun silahkan datang ke Rukun Nelayan Blimbing untuk memanfaatkan sanggar baca ini dan mari kita jaga serta dirawat bersama kaena ini adalah milik kita bersama” Tutur Nur Wakhid menambahkan. (AFF–RA–HMS–SA).

Sumber: https://mobile.facebook.com/1932197530371991/photos/pcb.2119317381660004/2119314644993611/?type=3&source=48


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *