Di Bawah Cahaya Ilmu Pengetahuan: Resensi Singkat


Kelahiran sains di Yunani kuno memiliki dampak historis yang masih dirasakan hingga saat ini. Fisikawan Demetris Nicolaides meneliti pergeseran dramatis dalam pemikiran yang menyebabkan filsuf pra-Sokrates pada abad keenam dan kelima untuk meninggalkan mitologi yang berlaku pada zaman itu dan, untuk pertama kalinya, menganalisis dunia alam dalam pengertian prinsip-prinsip impersonal yang dipahami secara rasional. Dia berpendapat tidak hanya bahwa terobosan konseptual mereka mengantisipasi banyak ilmu kemudian tetapi para ilmuwan abad 21 masih bergulat dengan masalah mendasar yang diangkat 2500 tahun lalu.

Melihat sapuan luas sejarah manusia, penulis menggali faktor-faktor yang menyebabkan lahirnya sains: urbanisasi, peran agama, dan di Yunani suatu keingintahuan intelektual progresif yang tidak takut mempertanyakan tradisi.

Mengapa pendekatan ilmiah pertama untuk memahami dunia terjadi di Yunani? Penulis membuat kajiankasus yang meyakinkan bahwa, selain dari faktor geografi dan politik, kekuatan bahasa Yunani dan kecenderungan budaya untuk berpikir kritis memainkan peranan besar.

Dalam buku In the Light of Science… karya Demetris Nicolaides ini adalah pendekatan unik terhadap sejarah sains yang mengungkapkan hubungan penting antara zaman kuno dan upaya ilmiah zaman ini untuk memahami alam semesta.

diterjemahkan dari review buku In the Light of Science: Our Ancient Quest for Knowledge and the Measure of Modern Physics karya Demetris Nicolaides, terbit tahun 2014.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *