Buku Mengalir Sampai Pustaka Mata lqra


Hari ini, selasa, 20 Februari 2018 bantuan beberapa buku dari MPI PP MUHAMMADIYAH lewat POS tiba di SMP Muhammadiyah Serui. Bantuan buku dari Sarikat Taman Pustaka Muhammadiyah.MPI PP Muhammadiyah lewat pos ini yang ke 2 kalinya, setelah beberapa waktu lalu juga telah menerima kiriman bantuan buku dari perpusnas lewat MPI. bantuan sebelumnya kurang lebih sebanyak 250 judul.

Kali ini sebanyak 13 judul buku. Kehadiran buku-buku bantuan ini tentu sangat membantu dan memacu semangat kami untuk menghidupkan budaya literasi yang memang tengah digalakkan di SMP Muhammadiyah Serui yang menjadi basis komunitas literasi pustaka Mata lqra. Sejak lama SMP Muhammadiyah Serui tidak memiliki koleksi buku yang memadai untuk mendukung gerakan literasi di sekolah ini. Dengan hadirnya bantuan buku tersebut benar-benar telah menjawab kerinduan itu sekaligus menjadi tantangan untuk benar-benar mengupayakan tumbuhnya iklim literasi di SMP Muhammadiyah Serui yang tentunya kami berharap dapat memberi dampak sekaligus terhadap lingkungannya.

semangat menghidupkan literasi ini mendapat respon yang sangat positif dan luas. Bantuan buku pun berdatangan dari berbagai penjuru. Ada yang datang dari individu-individu maupun dari komunitas literasi.

Seperti baru-baru ini, melalui komunitas literasi di kabupaten ini yang bernama SAKU juga memberi donasi buku kepada pustaka Mata Iqra. pokoknya alam seperti merespon keinginan kami.

Untuk itu selanjutnya kami harus benar-benar menghidupkan dan menggairahkan semangat literasi. Program literasi berupa membaca mulai terus kami dorong.

Kami telah menyiapkan program seperti 10 menit membaca sebelum belajar, sejam membaca tiap sabtu, dan program wajib baca tuntas 1 buku/bulan, serta penyediaan sudut baca di sekolah.

Semoga dengan ini budaya literasi mualai tumbuh di sekolah kami, dan di Serui pada gilirannya yang memang saat ini belum tumbuh. Semogah SMP Muhammadiyah Serui menjadi salah satu pelopor tumbuhnya gerakan literasi di Serui. (Harianto)