Berkemajuan!Rumah Baca Api Literasi Adakan Workshop Kepenulisan


Lamongan- Spirit Iqro terus dipompa oleh generasi maju di berbagai penjuru di Tanah air. tak terkecuali Lamongan tepastnya di Solukuro. “Merupakan sebuah kesempatan RBAL untuk mengadakan workshop kepenulisan secara langsung, mengingat zaman ini tak semudah diselipi kegiatan lain.”, ujar Faris, pegiat Rumah Baca Api Literasi. Ya sangat keren dan maju tentu saja terobosan ini. Beruntung, Tanggal 14 Juli 2018 bisa menyelangarakan “WORKSHOP KEPENULISAN “menjadikan menulis senikmat ngopi” dengan lancar. Kegiatan ini dapat berjalan lancar, Alhamdulillah. Tentu saja, sebelumnya komunitas ini juga bergerak membuka perpustakaan jalanan di terminal, kajian mingguan, dan juga seminar nasional.

Workshop kepenulisan bertempat di perguruan uhammadiyah ranting solokuro, sekitar jam 09.00, acara utama pun di mulai. Pemateri yang tampil ialah AhmaMd Faizin Karimii. Pria ini bertumbuh kecil rambut gondrong yang senangnya lelucon dan menulis memaparkan mengenai cara menulis dengan baik. Walaupun minumnya hanya teh pucuk tapi cak Faizin tetap enjoy. Maaf tidak bisa menyediakan es yang seperti di gedung2 mewah. Beliau membuka materi dengan menyatakan bahwa menulis itu hampir seperti gajah yang di mainkan pawangnya. Tekniknya bisa dipelajari secara teori, namun kita tidak akan pernah jago tanpa mempraktikan secara langsung. Dan di situ langsung disuruh praktek oleh cak Faizin dengan mengambil sebuah tema kelestarian desa solokuro karena tempat workshop di desa solokuro.


Di selingi gaya komikus yang kocak membuat peserta terbahak-bahak, cak Faizin menjabarkan mengenai banyak sekali hal yang dapat dilakukan penulis setelah menemukan ide dan bagaimana cara mengembangkanya. Ini sangat bermanfaat bagi peserta di kemudian hari. Semoga.

Tidak hanya pemaparan materi, Faizin juga mengajak para peserta untuk praktek menulis langsung. Dengan bermodalkan sebuah hp android maupun kertas folio, para peserta diminta mengarang sebuah cerita. Hasilnya, ternyata kisah yang disampaikan sangat berbeda-beda. para peserta sangat semangat menghadirkan kisah yang beragam dalam tulisan. Dari latihan ini, cak Faizin menyimpulkan bahwa menulis itu perlu kata-kata (pilihan diksi) yang bagus bagi pemula dengan cara membiasakan membaca dan berani mencoba menuliskannya. Akhirnya, thanks cak Faizin yang sudah meluangkan waktunya. (Faris RBAL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *