Berbagi Rasa Merdeka !!!


Oleh Waryono

@pendiri RBC

Banyak survey yang menyatakan kalau minat baca rakyat Indonesia rendah. Kami bilang sak karepmu. Kami tidak bisa membenarkan atau menyalahkan. Yang bisa kami lakukan cuma menggerakkan buku dihadapan pembaca. Dan dibaca. Dibaca oleh umat manusia. Bukan coro, kecebong atau kutu kupret.

Gerakan kami ini sunyi. Hanya berupa geremang lirih anak-anak yang mengeja aksara dan membaca kalimat demi kalimat. Tidak sampai memekakkan telinga. Apalagi menganggu tetangga dan negara sebelah. Tidak juga membuat huru hara apalagi bakar membakar. Tidak ! Kami cuma sekedar membakar rasa egois, prestige palsu, kesombongan melalui berbagi akses pengetahuan. Berbagi rasa merdeka. Merdeka dari abad penjajahan materi. Merdeka dari zaman kejumudan berpikir. Merdeka dari rasa penyesalan. Merdeka dari abad kegelapan. Merdeka yang sebenar benar merdeka. Bukan merdeka yang dibuat-buat. Bukan merdeka yang di iya-iyakan.

Berbagi itu indah. Yang punya uang berbagilah dengan uangmu. Yang punya waktu berbagilah dengan waktumu. Yang punya tenaga berbagilah dengan tenagamu. Yang punya buku berbagilah dengan bukumu. Yang punya sempat berbagilah dengan sempatmu. Yang punya keahlian menggambar berbagilah dengan keahlianmu. Yang punya keahlian bermusik berbagilah dengan keahlianmu. Yang punya keahlian komputer berbagilah dengan keahlianmu. Yang punya keahlian memdongeng berbagilah dengan keahlianmu. Yang punya keahlian menulis berbagilah dengan keahlianmu. Dan yang punya istri ajaklah istrimu untuk berbagi. Berbagi rasa merdeka !!!

Merdeka !!!!

Edisi Minggu Ramadhan, 27 Mei 2018

#Berbagi_Membaca
#Berbagi_Bersama_Rumah_Baca_Cahaya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *